PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)

Sartika, Ferenc Fitriani and Syafdi, Maizora and Teddy, Alfra Siagian (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016049_FERENC FITRIANI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan lembar tes kemampuan pemahaman konsep akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara menunjuk secara acak peserta didik untuk memimpin membacakan masalah, melibatkan peserta didik untuk mengamati, membuat pertanyaan dan mengumpulkan data secara mandiri. Peserta didik berada pada kelompok belajar yang heterogen. Melatih peserta didik mengerjakan soal dengan indikator pemahaman konsep matematis. Peningkatan aktivitas dilihat dari skor rata-rata observasi aktivitas belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus II, yaitu: 20,75; 27,87. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep dari siklus I hingga siklus II yaitu : (1) kemampuan menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari : 58,90%; 73,20%. (2) mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut : 42,80%; 57,10%. (3) menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematis : 69,60%; 73,20%. (4) mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah yakni peserta didik dapat mengaplikasikan konsep untuk memecahkan masalah : 41,00%; 83,90%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), Aktivitas Peserta Didik, Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:16
Last Modified: 09 Jun 2023 03:16
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12193

Actions (login required)

View Item View Item