PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 11 Merapi Barat Lahat)

Erfianty, Fifien and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 11 Merapi Barat Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Tesis Fifien Erfianty NPM A2M018003.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 11 Merapi Barat Lahat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV semester dua tahun pelajaran 2019/2020 SD Negeri 11 Merapi Barat Lahat. Untuk sampel kuasi eksperimen adalah kelas IVA, Kelas IVB dan IVC. Jumlah siswa untuk kelas PTK berjumlah 20 siswa, untuk kelas Eksperimen berjumlah 20, dan untuk kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penelitian dan tes. Analisis data menggunakan rata-rata mean, persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa, dan Efektif meninkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS). Kata kunci : Penerapan Model Problem Based Learning, Aktvitas, Prestasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:15
Last Modified: 09 Jun 2023 03:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12196

Actions (login required)

View Item View Item