THE QUALITY OF ENGLISH TEXTBOOK “WHEN ENGLISH RINGS A BELL” FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS: AN EVALUATION ON CONTENT, LANGUAGE, AND PRESENTATION ASPECTS

Lica, Firhest Gust and Syahrial, Syahrial and Safnil, Safnil (2020) THE QUALITY OF ENGLISH TEXTBOOK “WHEN ENGLISH RINGS A BELL” FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS: AN EVALUATION ON CONTENT, LANGUAGE, AND PRESENTATION ASPECTS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Thesis Firhest Gust Lica.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku teks Bahasa Inggris “When English Rings A Bell” yang digunakan oleh siswa kelas VII SMP memenuhi kriteria buku teks yang baik berdasarkan BSNP, untuk mengetahui persepsi guru dalam menilai kualitas buku teks, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil evaluasi penilaian buku teks antara penulis dan persepsi guru dalam menilai kualitas buku teks. Penelitian ini termasuk penelitian analisis isi. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek yang digunakan dalam menganalisis buku teks ini yaitu aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kelayakan penyajian. Data dikumpulkan menggunakan instrument penilaian evaluasi buku berdasarkan BSNP dan menggunakan kuesioner untuk guru. Dalam menganalisis data hasil evaluasi buku menggunakan Kohen Kappa dan hasil kuesioner menggunakan skala Likert dalam lima skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kelayakan isi dan bahasa termasuk katergori “baik” dan kategori “cukup” untuk kelayakan penyajian. Berdasarkan data, buku ini termasuk kategori “baik” dari rata-rata penghitungan keseluruhan nilai yaitu 83. Ini berarti bahwa buku teks Bahasa Inggris “When English Rings A Bell” yang digunakan oleh siswa kelas VII SMP memenuhi kriteria buku teks yang baik berdasarkan BSNP. Evaluasi buku berdasarkan kuesioner guru menunjukkan bahwa buku ini sesuai untuk siswa SMP. Perbedaan hasil antara peneliti dan guru terletak pada keakuratan materi, teknik penyajian, teknik belajar dan mengajar, dan cakupan penyajian. Kata kunci: evaluasi, buku teks, BSNP, analisis isi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:31
Last Modified: 09 Jun 2023 03:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12197

Actions (login required)

View Item View Item