PENGARUH METODE DONGENG DENGAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DI KELOMPOK B PAUD TASYA KOTA BENGKULU

Fitriyani, Fitriyani and Sri, Saparahayuningsih and Anni, Suprapti (2020) PENGARUH METODE DONGENG DENGAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK DI KELOMPOK B PAUD TASYA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Fitriyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode dongeng dengan media wayang kertas terhadap keterampilan menyimak di kelompok B PAUD Tasya Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode dongeng dengan media wayang kertas terhadap keterampilan menyimak pada kelompok B. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen (B2) 10 anak dan kelompok kontrol (B1) 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tanya jawab.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam keterampilan menyimak (0,443> 0,000) dengan rata-rata kelompok eksperimen 4 (baik) dan kelompok kontrol 2 (kurang). Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan metode dongeng dengan media kertas sebagai alternatif dalam belajar keterampilan menyimak pada anak usia dini. Kata Kunci : Metode Dongeng, Media Wayang Kertas, Keterampilan Menyimak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:28
Last Modified: 15 Jun 2023 02:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12211

Actions (login required)

View Item View Item