PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)

Fransiska, Fransiska and Syafdi, Maizora and Nurul, Astuty Yensy (2020) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016012_FRANSISKA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas belajar dan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII C SMPN 7 Kota Bengkulu. Aktivitas belajar ditingkatkan dengan cara membentuk kelompok belajar yang terdiri dari 2-3 peserta didik secara heterogen, peserta didik diberikan teguran dan perhatian oleh guru, guru memotivasi peserta didik dan memberikan apresiasi seperti pujian dan tepuk tangan kepada peserta didik yang aktif. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep siswa dari pra siklus hingga siklus I. Pada siklus I aktivitas belajar siswa meningkat pada setiap pertemuan. Pertemuan 1 dengan rata-rata skor 16,5. Pertemuan 2 dengan rata-rata skor 20. Pertemuan 3 dengan rata-rata skor 22. Pertemuan 4 dengan rata-rata skor 24. Oleh karena itu, diperoleh nilai rata-rata skor siklus I adalah 20,62 dengan kategori cukup aktif. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dapat dilihat dari persentase pencapaian seluruh peserta didik untuk setiap indikator pemahaman konsep dari pra siklus hingga siklus I. Pada pra siklus persentase pencapaian seluruh peserta didik untuk setiap indikator pemahaman konsep yaitu 46,09% dengan kategori sedang dan meningkat pada siklus I yaitu 61,22% dengan kategori sedang. Kata Kunci : Think pair share, aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:28
Last Modified: 15 Jun 2023 02:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12213

Actions (login required)

View Item View Item