POLA INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XII SMA NEGERI 3 SELUMA TAHUN AJARAN 2016/2017

Zulhermi, Shary and Suhartono, Suhartono and Suryadi, Suryadi (2017) POLA INTERAKSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XII SMA NEGERI 3 SELUMA TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
tesis pdf shary zulhermi (A2A015013).pdf - Additional Metadata
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat pola interaksi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 3 Seluma pada saat proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas XII SMA Negeri 3 Seluma. Data penelitian ini berupa tindakan kata-kata yang digunakan guru dan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi pengamatan, dan rekaman. Teknik analisis data dengan langkahlangkah: (1) Recording method, (2) Transkripsi, (3) Identifikasi , (4) Mengklasifikasikan data, (5) membuat kesimpulan. Temuan penelitian bahasa yang digunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Pola interaksi yang ditemukan meliputi pola interaksi searah, pola interaksi dua arah, dan pola interaksi optimal/multiarah. 1) Pola interaksi searah merupakan interaksi bila dalam memberikan informasi kepada siswa, mereka tidak memberikan tanggapan (respons). Guru mengingatkan materi pembelajaran minggu lalu dan mengaitkan dengan materi pembelajaran yang akan dibahas tanpa ada tanggapan dari siswa. Ketika guru mulai menjelaskan siswa hanya diam dan memperhatikan. 2) Pola interaksi dua arah merupakan interaksi bila informasi dari guru mendapat tanggapan dari siswa.ketika guru menjelaskan materi pembelajaran terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan guru untuk siswa, sebaliknya jika ada materi yang belum dipahami oleh siswa maka guru mempersilahkan siswa untuk bertanya. Dan 3) pola interaksi optimal/multiarah merupakan interaksi bila dalam pemecahan masalah ada interaksi antara guru dan siswa juga antara siswa dengan siswa. Ketika membahas hasil diskusi kelompok guru dan siswa melakukan pemecahan masalah. Pola interaksi multiarah diarahkan guru untuk siswa1 dan siswa yg lain. Pola interaksi dua arah lebih banyak digunakan oleh guru SMA Negeri 3 Seluma akan tetapi kelas menjadi lebih aktif ketika guru menggunakan pola interaksi optimal/multiarah. Saran dari peneliti diharapakan guru mampu berinteraksi dengan menggunakan ketiga pola interaksi agar terciptanya suasana proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci: Pola Interaksi, Siswa dan Guru, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 12 Oct 2017 09:02
Last Modified: 22 Nov 2017 08:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12215

Actions (login required)

View Item View Item