ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN KELAS VIII SMP IT MA’HAD RABBANI BENGKULU TENGAH Penelitian Deskriptif (Descriptive Research)

Utomo, Gatot Widyo and Nurul, Astuty Yensy and Hanifah, Hanifah (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN KELAS VIII SMP IT MA’HAD RABBANI BENGKULU TENGAH Penelitian Deskriptif (Descriptive Research). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI A1C015026 GATOT WIDYO UTOMO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan pola bilangan kelas VIII SMP IT Ma’had Rabbani Bengkulu Tengah Tahun ajaran 2019/2020. Sebanyak 30 peserta didik kelas VIII dipilih sebagai subjek penelitian ini. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tentang pola bilangan yaitu : a) kesalahan menentukan pola bilangan persegi berdasarkan barisan dilakukan oleh 63,33% peserta didik, b) kesalahan menentukan pola bilangan persegi berdasarkan gambar dilakukan oleh 63,33% peserta didik, c) kesalahan dalam menentukan rumus pola bilangan persegi dilakukan oleh 33,33% peserta didik, d) kesalahan menentukan pola bilangan persegi panjang berdasarkan barisan dilakukan oleh 83,33% peserta didik, e) kesalahan menentukan pola bilangan persegi panjang berdasarkan gambar dilakukan oleh 70% peserta didik, f) kesalahan dalam menentukan rumus pola bilangan persegi panjang dilakukan oleh 43,33% peserta didik, g) kesalahan menentukan pola bilangan segitiga berdasarkan barisan dilakukan oleh 63,33% peserta didik, h) kesalahan menentukan pola bilangan segitiga berdasarkan gambar dilakukan oleh 93,33% peserta didik, i) kesalahan dalam menentukan rumus pola bilangan persaegi dilakukan oleh 53,33% peserta didik. Kata Kunci : Analisis, Deskriptif, Kesalahan, Pola Bilangan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:52
Last Modified: 15 Jun 2023 02:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12217

Actions (login required)

View Item View Item