TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING READING COMPREHENSION (A STUDY AT SECOND GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL 09 OF BENGKULU CITY)

Dwiningtiyas, Gendis Nadira and Dedi, Sofyan and Hilda, Puspita (2020) TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING READING COMPREHENSION (A STUDY AT SECOND GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL 09 OF BENGKULU CITY). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI GENDIS NADIRA DWININGTIYAS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dalam mengajar reading comprehension di SMPN 09 Kota Bengkulu dan bagaimana mengimplementasikan strategi tersebut. Penelitian ini didesain sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 09 Kota Bengkulu. Participant dari penelitian ini adalah dua guru Bahasa Inggris dari sekolah tersebut. Setiap guru memiliki delapan pertemuan yang diobservasi oleh peneliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategies checklist. Instrumen digunakan untuk mengetahui strategi yang digunakan dan bagaimana para guru bahasa Inggris menerapkan strategi dalam mengajar reading comprehension. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru satu menggunakan dua strategi. Strategi tersebut adalah brainstorming dan reading aloud. Sementara guru dua menggunakan tiga strategi. Strategi tersebut adalah encouraging the use of dictionaries,reading aloud, dan evaluating comprehension in particular task. Kedua guru tersebut mengimplementasikan dan mengkombinasikan strategi-strategi tersebut kedalam tiga tahap mengajar. Tahap�tahapannya adalah pre-reading stage, while reading stage, and post reading stage. Strategi yang digunakan guru sangat efektif dalam mengajar reading comprehension. Hal ini dibuktikan oleh motivasi siswa, perhatian siswa dan kemudahan guru dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Pemahaman Membaca dan Strategi Guru

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:51
Last Modified: 15 Jun 2023 02:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12218

Actions (login required)

View Item View Item