Lestari, Gustia Putri and Nurul, Astuty Yensy and Hanifah, Hanifah (2020) ANALISIS SOAL LATIHAN BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 KELAS VIII MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
A1C016013_Gustia Putri Lestari_Skripsi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal latihan dan persentase masing-masing tingkat kognitif soal latihan pada buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penelitian ini adalah studi literatur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal latihan. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yakni buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs kelas VIII yang disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya terdapat lima kategori tingkat kognitif pada soal latihan materi lingkaran yakni C1 (remember), C2 (understanding), C3 (applying), C4 (analyze), dan C5 (evaluate). Persentase kategori tingkat kognitif pada soal latihan materi lingkaran yakni C1 (remember) 2,3%, C2 (understanding) 12,7%, C3 (applying) 74,7%, C4 (analyze) 5,7%, dan C5 (evaluate) 4,6%. Hal ini menunjukkan bahwa proporsi presentase tingkat kognitif soal pada pokok bahasan lingkaran belum memenuhi kriteria pada tingkat soal mudah, sedang, dan sulit terutama dalam soal latihan dalam mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking) peserta didik. Kata Kunci: Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 03:11 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 03:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12224 |
Actions (login required)
View Item |