Nugraheni, Hairunisa and Indah, Damayanti and Zahrida, Zahrida (2020) THE ANALYSIS OF TEENAGER VALUES IN THE ADVENTURE OF TOM SAWYER BY MARK TWAIN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Hairunisa Nugraheni Thesis.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu jenis nilai-nilai pada tokoh�tokoh remaja dari novel Mark Twain yang berjudul Petualangan Tom Sawyer serta mencari tahu kesamaannya dengan karakter remaja Indonesia. Penelitian pustaka (dokumentasi) dan metode kualitatif deskriptif digunakan untuk pelaksanaan penelitian. Temuan data-data diidentifikasi menggunakan teori kebijaksanaan dan kekuatan karakter-karakter dari Peterson dan Seligman (2004) kemudian peneliti mencari tahu kesamaan mereka dengan watak remaja Indonesia berdasarkan teori Pendidikan Karakter dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan menggunakan ceklis dan tabulasi sederhana. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat 22 nilai-nilai yang ditemukan pada tokoh-tokoh remaja dari novel Mark Twain yang berjudul Petualangan Tom Sawyer seperti rasa ingin tahu, kreativitas, berpikiran terbuka, cinta belajar, kebijaksanaan, keberanian, kejujuran, keteguhan, kebugaran, kecintaan, kebaikan, kecerdasan sosial, keadilan, kepemimpinan, kerendahan hati, kehati-hatian, pengendalian diri, mengapresiasi keindahan dan keunggulan, rasa syukur, harapan, kelucuan, and spiritualitas; 2) Terdapat enam sifat-sifat yang mirip yang ada di ke-22 nilai-nilai yang ditemukan pada tokoh-tokoh remaja dan watak remaja Indonesia (Pendidikan Karakter) yaitu religius, jujur, kreatif, dan rasa ingin tahu. Kesimpulan dari penelitian ini ada 2 diantara lain, 1) Tokoh-tokoh remaja di dalam novel Mark Twain yang berjudul The Adventure of Tom Sawyer secara dominan memiliki kepribadian yang baik berdasarkan teori kebajikan dan kekuatan karakter milik Peterson dan Seligman. 2) Terdapat enam kesamaan nilai (agama, jujur, kreatif, rasa ingin tahu, suka membaca, dan peduli sosial) di tokoh remaja Indonesia dan nilai remaja dari novel Mark Twain berjudul The Adventure of Tom Sawyer. Kata Kunci : Nilai-nilai Remaja, Remaja, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 03:38 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 03:38 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12227 |
Actions (login required)
View Item |