AN EXPLORATION OF SOME ESSENTIAL FEATURES OF THE 2018/2019 SMP ENGLISH NATIONAL EXAMINATION ITEMS

Purnomo, Hendrik and Bambang, Suwarno and Azwandi, Azwandi (2020) AN EXPLORATION OF SOME ESSENTIAL FEATURES OF THE 2018/2019 SMP ENGLISH NATIONAL EXAMINATION ITEMS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Hendrik's Thesis title, preface, table of content.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui beberapa fitur esensial dari soal-soal Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Ada 50 soal pilihan ganda yang ada dalam paket soal tersebut yang diteliti. Instrumen penelitian ini menggunakan checklists Kriteria Penilaian kualitatif Puspendik, TaksonomiBloom, dan Taksonomi Anderson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, jika dilihat dari segi kualitas dan karakteristiknya, telah ditemukan ada 38 (76%) soal yang valid dan 12 (24%) soal yang tidak valid. Dari jumlah soal yang tidak valid tersebut, jumlah soal yang tidak memenuhi kriteria penulisan soal dari aspek materi ada10 (58,82%), dari aspek bahasa ada 4 (23,53%), dan dari aspek konstruksi ada3 (17,65%); Kedua, jika dilihat dari segi proses kognitif, telah ditemukan ada 24 (48%) soal mengukur level pemahaman (memahami), 8 (16%) soal mengukur level pengetahuan (mengingat), 6 (12%) soal mengukur level penerapan (mentransfer), 6 (12%) soal mengukur evaluasi (menilai), 5 (10%) soal mengukur level analisis (menghubungkan), dan 1 (2%) soal mengukur level sintesis (mencipta); Ketiga, jika dilihat dari segi kasifikasi HOTS/LOTS, telah ditemukan ada 38 (76%) soal LOTS dan 12 (24%) soal HOTS; Keempat, jika dilihat dari segi level pengetahuan, telah ditemukan ada 24 (48%) soal yang mengukurlevel pengetahuan konseptual, 12 (24%) soal mengukur level pengetahuan meta- kognitif, 8 (16%) soal mengukur level pengetahuan faktual, dan 6 (12%) soal mengukur level pengetahuan prosedural. Secara umum paket soal tersebut memilki kualitas cukup tinggi sehingga paket soal tersebut cukup pantas menjadi instrumen test bagi siswa tersebut. Jumlah soal yang mengukur level penerapan (mentransfer) dan sintesis(mencipta) perlu ditambah, sedangkan jumlah soal yang mengukur level pengetahuan (mengingat), pemahaman (memahami), analisis (menghubungkan), dan evaluasi (menilai) perlu dikurangi agar paket soal tersebut dapat mengukur perkembangan bahasa siswa tersebut secara kronologis dan efektif.Jumlah soal HOTS perlu dikurangi agar paket soal tersebut menguji sesuai dengan kompetensi bahasa Inggris siswa. Paket soal tersebut dominan mengembangkan kompetensi bahasa siswa secara terbatas karena terlalu dominan mengukur level pengetahuan konseptual.Oleh karena itu, disarankan agar pembuat soal tersebut ditingkatkan, diuji coba, dan diseleksi secara ketat kemampuannya. Kata-kata Kunci: Test Kualitas dan Karakteristik, Test Proses Kognitif, Test Klasifikasi HOTS/LOTS, Test Level Pengetahuan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:14
Last Modified: 15 Jun 2023 04:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12234

Actions (login required)

View Item View Item