PERBANDINGAN UJI ANTIBAKTERI ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA DAN TEMPURUNG KELAPA SAWIT TERHADAP BAKTERI BACILLUS SUBTILIS SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN IPA

HERAWATI, HERAWATI and Firdaus, M. Lutfi and Susanta, Agus (2017) PERBANDINGAN UJI ANTIBAKTERI ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA DAN TEMPURUNG KELAPA SAWIT TERHADAP BAKTERI BACILLUS SUBTILIS SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN IPA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Disertasi)
merged_document.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan aktivitas antibakteri asap cair tempurung kelapa dan kelapa sawit pada bakteri Bacillus Subtilis, mengetahui nilai Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) asap cair tempurung kelapa dan kelapa sawit hasil destilasi terhadap bakteri Bacillus Subtilis serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran zat aditif di kelas VIII SMP Negeri 1 Ulok Kupai Bengkulu Utara. Asap cair diperoleh dari proses pirolisis dilakukan dengan menggunakan peralatan reaktor pirolisis. Pemurnian asap cair dilakukan dengan proses sedimentasi untuk dipisahkan fraksi padat (TAR) disaring dengan menggunakan filter selulosa dan didistilasi pada suhu 100°C. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas asap cair tempurung kelapa dan tempurung kelapa sawit sebagai antibakteri melalui metode cakram rata-rata memberikan perbedaan daya hambat yang signifikan pada taraf 95% pada tiap perlakuan variasi konsentrasi terhadap bakteri Bacilus subtilis. Konsentrasi asap cair yang efektif dalam menghambat bakteri Bacilus subtilis yaitu Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) dengan daya hambat besar, yaitu pada konsentrasi asap cair tempurung kelapa 10% dan asap cair tempurung kelapa sawit 15% dengan kategori kekuatan antibakteri yang tergolong sedang. Pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada materi zat aditif dengan pokok bahasan pengawet alami memberikan peningkatan hasil belajar, dimana terdapat perbedaan secara signifikan antara nilai rata-rata post test siswa (86,9) dengan rata-rata nilai pre test siswa (60,4). Kata kunci : asap cair, pirolisis, destilasi, antibakteri, hasil belajar, motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 12 Oct 2017 08:56
Last Modified: 12 Oct 2017 08:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12244

Actions (login required)

View Item View Item