ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL-SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Heryanto, Heri and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2020) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL-SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C016008_Heri Heryanto_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal latihan dan persentase masing-masing tingkat kognitif soal latihan pada buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal latihan. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yakni buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs kelas VII yang disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keenam kategori tingkat kognitif pada soal latihan materi lingkaran yakni C1 (remember), C2 (understanding), C3 (applying), C4 (analyze), C5 (evaluate),dan C6 (create). Persentase kategori tingkat kognitif pada soal latihan materi aritmatika sosial yakni C1 (remember) 1,09%, C2 (understanding) 5,43%, C3 (applying) 76,10%, C4 (analyze) 2,17%, C5 (evaluate) 9,78%, dan C6 (create) 5,43%. Hal ini menunjukkan bahwa proporsi presentase tingkat kognitif soal pada pokok bahasan Aritmatika Sosial belum rata terutama dalam soal latihan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking) peserta didik. Kata Kunci: Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:25
Last Modified: 20 Jun 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12257

Actions (login required)

View Item View Item