PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MI AL-ISLAM KOTA BENGKULU

Herwansyah, Herwansyah and Endang, Widi Winarni and Agus, Susanta (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MI AL-ISLAM KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS HERWANSYAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based leraning (PBL) terhadap penguasaan konsep IPA dan keterampilan berpikir kritis siswa MI Al-Islam Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy experiment. Desain pada penelitian ini yaitu The Matching Only Prettest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Al-Islam Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VA berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang diberikan berupa tes tertulis terdiri atas variabel penguasaan konsep IPA dan keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model problem based leraning terhadap penguasaan konsep IPA dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V MI Al-Islam Kota Bengkulu. Kata Kunsi : Model Problem Based Learning, Penguasaan Konsep IPA, Keterampilan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Jun 2023 09:06
Last Modified: 20 Jun 2023 09:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12260

Actions (login required)

View Item View Item