UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIBAKTERI EKSTRAK KULIT AKAR PANDAN LAUT (Pandanus odorifer) TERHADAP BAKTERI Escherichia coli DAN Staphylococcus aureus

Meilinda, Indah and Hermansyah, Amir and Rina, Elvia (2020) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIBAKTERI EKSTRAK KULIT AKAR PANDAN LAUT (Pandanus odorifer) TERHADAP BAKTERI Escherichia coli DAN Staphylococcus aureus. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI INDAH MEILINDA _A1F016016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria aktivitas antioksidan dan antibakteri pada ekstrak kulit akar Pandan Laut (Pandanus odorifer) terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Penelitian ini diawali dengan uji fitokimia untuk mengetahui senyawa metabolit sekunder yang terdapat dalam ekstrak kulit akar pandan laut (Pandanus odorifer). Pengujian aktivitas antioksidan dilakukan dengan menggunakan metode DPPH. Uji aktivitas antibakteri dalam menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus menggunakan metode difusi cakram. Metode ini dipilih karena memiliki keuntungan yakni mudah dan sederhana. Hasil uji fitokimia menunjukkan ekstrak kulit akar Pandan Laut (Pandanus odorifer) mengandung senyawa metabolit sekunder alkaloid, steroid, triterpenoid, tanin, dan saponin. Hasil uji aktivitas antioksidan menunjukkan fraksi etil asetat (E2), etanol (E3), dan asam askorbat dikategorikan sebagai antioksidan yang sangat kuat dengan nilai IC50 berturut-turut yaitu 10,34 ppm, 27,4 ppm, dan 11,44 ppm, sedangkan fraksi n-heksana (E1) dikategorikan sebagai antioksidan yang lemah dengan nilai IC50 yaitu 242,5 ppm. Hasil pengukuran zona hambat uji aktivitas antibakteri menunjukkan bahwa fraksi E1, E2, dan E3 dikategorikan sebagai antibakteri yang lemah terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Kata Kunci : Antioksidan, Antibakteri, Kulit Akar Pandan Laut, Pandanus odorifer, Escherichia coli, Staphylococcus aureus.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:06
Last Modified: 22 Jun 2023 03:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12280

Actions (login required)

View Item View Item