PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI DAN PRESTASI BELAJAR (PTK Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas II SD Gugus IV Bengkulu Selatan )

Novlita, Insyi and Johanes, Sapri and Wachidi, Wachidi (2020) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI DAN PRESTASI BELAJAR (PTK Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas II SD Gugus IV Bengkulu Selatan ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TESIS LENGKAP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan model Role Playing dalam meningkatkan empati siswa kelas II Gugus IV Bengkulu Selatan. (2) Mendeskripsikan penerapan model Role Playing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II Gugus IV Bengkulu Selatan. (3) Mendeskripsikan efektifitas penerapan model role playing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II Gugus IV Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang kemudian dilanjutkan dengan eksprimen. Metode yang digunakan ialah metode eksperimen semu (quasy experiment). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 64 Bengkulu Selatan yang berjumlah 17 orang. Desain pada penulisan ini yaitu The Matching Only Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II di Gugus IV Bengkulu Selatan. Sampel dalam penulisan ialah siswa kelas II SDN 64 Bengkulu Selatan berjumlah 17 orang sebagai kelas eksprimen dan kelas II SDN 58 Bengkulu Selatan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan empati dan prestasi belajar pada mata pelajaran pkn siswa kelas II sd gugus IV bengkulu selatan. Kata Kunci : Model Role Playing, Empati, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:54
Last Modified: 22 Jun 2023 03:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12285

Actions (login required)

View Item View Item