EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN KELILING KOTA BENGKULU DI BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP, DAN DOKUMENTASI PROVINSI BENGKULU

Juniarti, Inten and Roeliana, Loesida and Alimansyah, Alimansyah (2017) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN KELILING KOTA BENGKULU DI BADAN PERPUSTAKAAN, ARSIP, DAN DOKUMENTASI PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (TESIS)
SKRIPSI INTEN JUNIARTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Sebagai gudangnya ilmu pengetahuan dan informasi, perpustakaan merupakan salah satu sarana favorit bagi masyarakat. Di Indonesia, antara perpustakaan dan masyarakat cenderung masih berjarak. Untuk itu dalam hal ini memang sangat diperlukan suatu terobosan baru dan serius serta berkelanjutan untuk menjadikan perpustakaan sebagai rumah belajar yang dekat dengan masyarakat. Oleh karena itu, Badan Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Provinsi Bengkulu menyediakan PerpustakaanKeliling untuk mengunjungi masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas pengelolaan Perpustakaan Keliling di Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan 2 orang informan dan 26 orang responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan Dokumentasi. Aspek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dijabarkan dalam 4 aspek yaitu aspek ketepatan koleksi, aspek ketepatan sarana dan prasarana, aspek ketepatan tenaga perpustakaan, dan aspek ketepatan pelayanan perpustakaan. Pada aspek pertama yaitu, aspek ketepatan koleksi buku yang terdiri dari pemilihan jenis buku, yang terlibat dalam pengadaan buku adalah bidang Pengelolaan dan Pelestarian bahan Pustaka, sedangkan cara menentukan jenis buku adalah dengan mengikuti kurikulum, permintan pengujung dan pengelola bahan pustaka. Cara perawatanbuku dengancarapumigasidan yang sobek di isolasi, sedangkan perawatan buku tidak memiliki jadwal hanya melihat kondisi buku saja. Semua buku yang memiliki sejarah harus di lestarikan, seperti buku Agama, Peraturan Undang-Undang, dan buku hasil karya.Cara pelestarian buku selain dengan cara pumigasi juga dengan di foto copy. Aspek ketepatan sarana dan prasarana terdapat tempat penyimpanan koleksi buku yang berupa rak buku dan kartu perpustakaan sebagai bentuk pelayanan perpustakaan keliling. Aspek ketepatan tenaga perpustakaan yang dalam aspek ini terdapat tenaga pustakawan dan tenaga administrasi yang terdiri dari dua orang, dengan masingmasing pendidikan terakhir S1 untuk tenaga pustakawan dan SMA untuk supir. Aspek ketepatan pelayanan, dalam aspek ini terdapat bentuk/model pelayanan. Bentuk/model pelayanan yang digunakan pada perpustakaan keliling adalah pelayanan terbuka.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > J General legislative and executive papers
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:33
Last Modified: 10 Oct 2017 02:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12290

Actions (login required)

View Item View Item