KETERAMPILAN LOKAL MASYARAKAT DESA BABAT DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR (Studi kasus Di Desa Babat Kec. Tetap. Kab. Kaur Provinsi Bengkulu)

EFENDI, YULIAN and Setiyanto, Agus and Osira, Yessilia (2017) KETERAMPILAN LOKAL MASYARAKAT DESA BABAT DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR (Studi kasus Di Desa Babat Kec. Tetap. Kab. Kaur Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (TESIS)
SKRIPSI YULIAN EFENDI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Indonesia memiliki beragam budaya atau yang disebut dengan kearifan lokal, salah satunya yaitu keterampilan lokal yang terdapat di Desa Babat Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Keterampilan lokal tersebut mereka gunakan untuk memenuhi kebuthan sandang, pangan dan papan. Keterampilan lokal adalah kemampuan bertahan hidup (survival) dari setiap masyarakat dengan memanfaatkan dan menyesuaikan dengan keadaan di suatu wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai keterampilan lokal masyarakat Babat dalam pemenuhan kebutuhan di Desa Babat Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan analisa kualitatif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 20 orang, karena informasi yang dibutuhkan sudah dianggap cukup dengan 20 informan tersebut. Dalam penelitian ini yang diteliti adalah keterampilam msyarakat Desa Babat dalam memenuhi kebuthan sandang, pangan dan papan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam memenuhi ketiga kebutuhan dasar tersebut mereka memiliki keterampilan tersendiri. Hanya saja ada beberapa keterampilan harus mendapat perhatian dari pemerintah yaitu: (a) keterampilan berburu har usnya memperhatikan UU yang mengatur tentang satwa liar, (b) keterampilan bercocok tanam harusnya mendapatkan traktor dari pemerintah dan pembuatan irigasi dengan memanfaatkan alam,

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Social Welfare
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:22
Last Modified: 10 Oct 2017 02:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12302

Actions (login required)

View Item View Item