PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP AKTIVITAS, RESPON DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU

Susanti, Elsa and Widada, Wahyu and Hanifah, Hanifah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP AKTIVITAS, RESPON DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MAN 1 MODEL KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Disertasi)
TESIS ELSA SUSANTI A2C014105.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (43MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran konstruktivis terhadap aktivitas belajar, hasil belajar, dan respon siswa kelas XII IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran konstruktivis, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran langsung. Populasinya adalah siswa kelas XII IPA MAN 1 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Data dianalisis dengan Anava Mixed Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol, yaitu 36,6 untuk kelas eksperimen dan 35,0 untuk kelas kontrol. Dengan taraf signifikansi 5%, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran konstruktivis terhadap aktivitas sebesar 91,7%, respon siswa sebesar 85,8% dan hasil belajar siswa sebesar 96,8%. Kata Kunci : Pembelajaran model Konstruktivisme , respon siswa dan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:06
Last Modified: 10 Oct 2017 02:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12307

Actions (login required)

View Item View Item