PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X IPA SMAN 1 KEPAHIANG

Erny, Erny and Widada, Wahyu and Haji, Saleh (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X IPA SMAN 1 KEPAHIANG. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Disertasi)
tesis erni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Kelas X IPA SMAN 1 Kepahiang. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental, dimana kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pendekatan kontekstual. Populasinya adalah siswa Kelas X IPA SMAN 1 Kepahiang dengan teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah cluster sampling . Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar tes kemampuan berpikir tingkat tinggi . Data yang diperoleh dianalisis dengan Anava Mixed Design. Dengan taraf signifikan 5 % hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran Matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah berupa meningkatnya rata-rata nilai postes jika dibandingkan dengan rata-rata nilai pretes sebesar 97,5 % untuk kelas eksperimen , sedangkan 96,9 % untuk kelas kontrol dengan pendekatan kontekstual. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (High Order Thingking Skills) dengan adanya peningkatan rata-rata nilai posttes yang dibandingkan dengan rata-rata nilai pretes sebesar 97,4 % untuk kelas eksperimen dan 96,7 % untuk kelas kontrol dengan pendekatan kontekstual

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 10 Oct 2017 02:05
Last Modified: 10 Oct 2017 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12310

Actions (login required)

View Item View Item