HUBUNGAN MENONTON FILM DRAMA KOREA DENGAN KECENDERUNGAN NARSISTIK PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2015 UNIB BENGKULU

Paradora, Citra and Supriyanto, Heri and Budiman, Dwi Aji (2017) HUBUNGAN MENONTON FILM DRAMA KOREA DENGAN KECENDERUNGAN NARSISTIK PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2015 UNIB BENGKULU. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI CITRA PD PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (318kB)

Abstract

Dikalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Unib banyak yang menyukai film-film drama Korea. Banyak penelitian mengatakan bahwa film sesungguhnya begitu berpengaruh bagi penontonnya, karena penonton dapat meniru pesan yang ia bawa sehingga mudah sekali ditangkap bahkan oleh orang-orang yang berpikir sederhana. Cerita dan peran dalam film drama Korea terkadang menceritakan sosok yang terkesan cenderung narsistik. Karakteristik gangguan kepribadian narsistik ditujukan pada orang-orang yang menunjukkan pola tentang sesuatu yang berlebihan terhadap kemampuan dirinya. Keadaan ini berbeda dengan kondisi di kalangan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunisi Unib yang cenderung tidak menonjolkan diri dan masih memiliki rasa empati terhadap orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat menonton film Drama Korea, mengetahui tingkat kecenderungan narsistik, dan Untuk menganalisis pengaruh dari minat menonton film drama Korea terhadap kecenderungan narsistik pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2015 Unib. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat minat menonton film drama Korea dengan prosentase tertinggi 56,3 %, sedang 41,7 %, rendah 2,1%. Tingkat kecenderungan narsistik dengan prosentase sedang 66 %, rendah 29,2 %, tinggi 4,9 %. Hipotesis terdapat hubungan antara menonton film drama Korea dengan kecenderungan narsistik pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2015 Unib terbukti dengan tingkat hubungan menonton film drama korea dengan kecenderungan narsistik sebesar 7,9 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 10 Oct 2017 03:14
Last Modified: 11 Nov 2017 03:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12344

Actions (login required)

View Item View Item