REPRESENTASI FRONT STAGE PENYIAR YANG IDEAL DALAM PROGRAM BERITA (Analisis Penyiar Berita Dalam Program Warta Bengkulu TVRI Dan Laporan Malam RBTV)

EFENDI, JUNI MUHAMMAD and Hafizah, EVI and Irmayanti, Meiselina (2017) REPRESENTASI FRONT STAGE PENYIAR YANG IDEAL DALAM PROGRAM BERITA (Analisis Penyiar Berita Dalam Program Warta Bengkulu TVRI Dan Laporan Malam RBTV). Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI JME.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi front stage penyiar berita yang ideal bagi khalayak. Dalam teori panggung depan oleh Erving Goffman terbagi menjadi tiga bagian yaitu Setting, Appearance, Manner. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan pemahaman tentang representasi front stage penyiar berita dan sebagai masukan dan evaluasi bagi penyiar berita agar dapat memaksimalkan penampilan di depan kamera. Dalam memperoleh penyiar yang ideal peneliti membandingkan panggung depan yang dihadirkan oleh penyiar berita program Warta Bengkulu TVRI dan Laporan Malam RBTV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan keabsahan sumber. Hasil dari penelitian ini diperoleh bersama dengan pendapat dan pandangan khalayak yang ada di kota Bengkulu mengenai sosok penyiar yang mereka sukai. Penghadiran kembali penyiar berita yang ideal ini difokuskan pada tampilan penyiar pada bagian appearance dan manner. Dalam teori dijelaskan appearance merupakan penampilan mulai dari pakaian, aksesoris, dan perangkat lainnya. Sementara untuk bagian manner dijelaskan dalam panggung depan adalah bahasa verbal dan bahasa tubuh. Dari hasil perbandingan ini diperoleh kesimpulan bahwa bagi khalayak, penyiar berita saat ini harus menerapkan teknologi dalam penyiarannya, seperti penerapan laptop, gadget pada seorang penyiar berita. Penyiar juga harus dapat menampilkan penampilan yang tidak monoton dan lebih bervariasi. Saran penelitian agar representasi penyiar berita yang ideal dapat diterapkan oleh penyiar muda dan menjadi pertimbangan agar stasiun televisi dapat menghadirkan penyiar-penyiar yang berkualitas serta diinginkan oleh khalayak.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 10 Oct 2017 03:29
Last Modified: 11 Nov 2017 03:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12349

Actions (login required)

View Item View Item