UPAYA PEREMPUAN PEMULUNG DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGA: STUDI KASUS DI TPA PAGAR DEWA, KECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Erpina, Nital Marlin and Panji, Suminar and Sri, Hartati (2017) UPAYA PEREMPUAN PEMULUNG DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGA: STUDI KASUS DI TPA PAGAR DEWA, KECAMATAN KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI NITAL MARLIN E.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya perempuan pemulung di TPA Pagar Dewa Kabupaten Bengkulu Selatan dalam memebuhi kebutuhan keluarga degan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sasaran penelitian adalah perempuan pemulung di TPA Pagar Dewa Kabupaten Bengkulu Selatan yaitu sebanyak 3 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa perempuan pemulung di TPA Pagar Dewa Kabupaten Bengkulu Selatan mampu memenuhi kebutuhan keluarganya yang terdiri atas kebutuhan makanan, kebutuhan pakaian, kebutuhan tempat tinggal, kebutuhan kesehatan, kebutuhan pendidikan, dan kebutuhan informasi. Perempuan pemulung tahu akan pentingnya kesehatan sehingga mereka akan menyisihkan sebagian uang mereka untuk biaya pengobatan. Perempuan pemulung sangat mempedulikan pendidikan anak-anaknya sehingga mereka berusaha keras menyekolahkan anak-anaknya dan berusaha keras mencari nafkah agar biaya pendidikan anak-anaknya terpenuhi. Selain itu, perempuan pemulung juga membutuhan informasi mengenai pendidikan, kesehatan, lowongan pekerjaan, dan dunia hiburan yang dapat mereka peroleh dari media cetak, media elektronik dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 11 Oct 2017 02:36
Last Modified: 28 Nov 2017 02:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12380

Actions (login required)

View Item View Item