PERAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA BENGKULU

Ludiman, Ludiman and Sugeng, Suharto and Suratman, Suratman (2023) PERAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Hasil Skripsi Ludiman - Ludiman.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Keterbukaan informasi publik merupakan hal yang penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Dengan adanya hal tersebut, kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan negara akan membuat masyarakat dapat ikut berpartisipasi aktif mengontrol kebijakan yang diambil suatu badan publik. Oleh karena itu, diperlukannya pengelola informasi disetiap badan publik. Seperti halnya, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu, dimana masih ada keluhan terhadap pengelolaan informasi yang belum optimal dilakukan oleh PPID KPU Kota Bengkulu. Skripsi ini berjudul Peran Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan peran PPID KPU Kota Bengkulu sebagaimana dalam PKPU Nomor 1 Tahun 2015. Aspek dalam penelitian ini meliputi merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi informasi, menghimpun informasi, menata dan menyimpan informasi, menyeleksi dan menguji informasi yang dikecualikan, penyelesaian sengketa, pengujian konsekuensi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang pelaksana PPID, 1 orang atasan PPID, 1 orang pembina PPID dan 3 orang penerima pelayanan PPID. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dalam teknik analisis data dari penelitian ini ialah sebagai berikut : pada aspek merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi sudah baik ; aspek menghimpun informasi sudah baik ; aspek menata dan menyimpan informasi belum baik masih ada keluhan ; aspek menyeleksi dan menguji informasi yang dikecualikan sudah baik ; aspek penyelesaian sengketa sudah baik ; aspek pengujian konsekuensi sudah baik. Saran dari penelitian ini, Diharapkan PPID KPU Kota Bengkulu untuk meningkatkan fasillitas yang dapat menunjang pengelolaan informasi secara optimal di KPU Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:58
Last Modified: 05 Jul 2023 02:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12381

Actions (login required)

View Item View Item