IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BENGKULU NOMOR 6 TAHUN 2020 TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT STUDI PADA PASAR MINGGU KOTA BENGKULU)

Luthvia, Anisa and Lipneldi, Lipneldi and Nursanty, Nursanty (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BENGKULU NOMOR 6 TAHUN 2020 TENTANG PENGELOLAAN PASAR RAKYAT STUDI PADA PASAR MINGGU KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI ANISA LUTHVIA - Anisa Luthvia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengelolaan pasar rakyat yang tidak sesuai dengan aturan yang seharusnya. Tidak semua pihak yang terkait dengan kebijakan pengelolaan Pasar Rakyat seperti hanya beberapa pihak pelaksana saja yang terlibat, kurangnya pemahaman dan kesadaran akan kebijakan serta fasilitas pasar yang kurang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Implementasi Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat studi pada Pasar Minggu Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Aspek yang dipakai dalam penelitian ini di adopsi dari Peraturan Daerah yang dikolaborasikan dengan teori dari Charles. O Jones tentang 3 aktivitas implementasi kebijakan yaitu organisasi, interpretasi, dan penerapan.Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat Studi Pada Pasar Minggu belum berjalan sesuai harapan. Dalam aspek organisasi belum sepenuhnya keterlibatan dari pihak-pihak terkait dengan kebijakan Pengelolaan Pasar Minggu sebagai pelaksana. Aspek interpretasi kurangnya pemahaman dari pihak pelaksana akan kebijakan pengelolaan pasar. Dan aspek penerapan pelaksanaannya masih belum maksimal sesuai dengan tujuan kebijakan. Peneliti menyimpulkan bahwa pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Pasar Rakyat studi pada Pasar Minggu Kota Bengkulu belum sesuai yang di harapkan dan di tetapkan dalam Peraturan Daerah. Adapun saran peneliti agar dapat berjalan optimal harus adanya keterlibatan semua pihak pelaksana, dan harus adanya kerjasama pemerintah daerah dengan masyarakat. Pihak pelaksana juga harus memahami kebijakan pengelolaan pasar rakyat dan harus menjalankan tugasnya secara optimal dan harus melakukan sosialisasi kepada pedagang mengenai Peraturan Daerah tentang Pengelolaan serta menjaga dan merawat fasilitas yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:15
Last Modified: 05 Jul 2023 02:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12387

Actions (login required)

View Item View Item