IMPLEMENTASI PENGAWASAN PELAKSANAAN VAKSINASI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI DINAS KESEHATAN PROVINSI BENGKULU TAHUN 2021 OLEH INSPEKTORAT PROVINSI BENGKULU

Wijaya, Dinda Sandi and Achmad, Aminudin and Anita, Marianata (2023) IMPLEMENTASI PENGAWASAN PELAKSANAAN VAKSINASI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19) DI DINAS KESEHATAN PROVINSI BENGKULU TAHUN 2021 OLEH INSPEKTORAT PROVINSI BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Skripsi Dinda Sandi Wijaya - Dinda SandiW.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Berbagai permasalahan dalam pelaksanaan vaksinasi salah satunya muncul karena minimnya pengawasan, berbagai permasalahan tersebut diantaranya ketimpangan stok dan distribusi vaksin, masalah pungli, sertifikat palsu, banyaknya berita hoax di masyarakat, serta ketidakpercayaan masyarakat terhadap adanya COVID-19. Oleh karena itu, pemerintah pusat dan daerah harus meningkatkan pengawasan dengan melakukan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan program vaksinasi COVID- 19. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Implementasi Pengawasan Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Tahun 2021 oleh Inspektorat Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu kualitatif deskriptif dengan teori Implementasi yang dikemukakan oleh Charles O. Jones (Organisasi, Interpretasi, dan Penerapan), pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang yang terdiri dari 1 orang Irban Pemerintahan dan Administrasi, dan 7 orang Tim Pemeriksa. Hasil penelitian ini dilihat dari 3 aspek yaitu 1) Dilihat dari aspek organisasi, Inspektorat Provinsi Bengkulu sudah memiliki struktur organisasi yang setiap pegawainya tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja). 2) Aspek interpretasi, tim pemeriksa Inspektorat Provinsi Bengkulu telah mengetahui serta paham mengenai kebijakan dan mekanisme pengawasan pelaksanaan vaksinasi COVID-19. 3) Aspek penerapan, pengawasan yang dilakukan telah diterapkan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan. Hambatan yang dihadapi adalah pemeriksa dibuat kebingungan dengan Juklak/Juknis pelaksanaan pengawasan vaksinasi yang cenderung berubah-ubah, serta TAO yang dikerjakan terlalu banyak dan waktu penugasan yang terlalu singkat. Adapun wawancara dengan berbagai pihak terkait untuk menguraikan berbagai masalah pengawasan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dan menjadi pelengkap penelitian yang dibuat secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 58 darti daryanti
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:23
Last Modified: 05 Jul 2023 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12390

Actions (login required)

View Item View Item