HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B PADA ANAK DI KELURAHAN PEMATANG GUBERNUR KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Landita, Suraya and Sunaryanto, Heri and Nopianti, Heni (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B PADA ANAK DI KELURAHAN PEMATANG GUBERNUR KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (TESIS)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Hepatitis B merupakan salah satu penyebab utama kematian balita. Keberhasilan cakupan imunisasi pada bayi pada dasarnya sangat bergantung pada peran orang tua. Obyek dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi umur 05 tahun yang berdomisili di Kelurahan Pematang Gubernur. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dan dukungan suami dengan pemberian imunisasi Hepatitis B. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil adalah 36 responden atau seluruh ibu yang mempunyai bayi 0-5 tahun. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan Wawancara. Uji statistik yang digunakan korelasi product moment dengan df= 5%. Obyek penelitian ini dengan variabel pengetahuan ibu tentang imunisasi (X1), dukungan keluarga (X2) dan pemberian imunisasi (Y ). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) ada hubungan positif antara pengetahuan tentang imunisasi dengan pemberian imunisasi pada anak bahwa, semakin tinggi tingkat pengetahuan seorang ibu tentang imunisasi maka akan semakin tinggi pula tingkat pemberian imunisasi pada anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi product moment ada hubungan positif dengan hasil hitung sebesar 0,694 signifikan pada taraf 95%. (2) ada hubungan positif antara dukungan keluarga dengan pemberian imunisasi pada anak bahwa, semakin tinggi tingkat dukungan keluarga atau suami terhadap pemberian imunisasi pada anak, maka akan semakin baik pula tingkat pemberian imunisasi terhadap anak, hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi product moment ada hubungan positif dengan hasil hitung sebesar 0,376 signifikan pada taraf 95%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 11 Oct 2017 03:30
Last Modified: 11 Oct 2017 03:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12392

Actions (login required)

View Item View Item