ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PERAWAT NON PNS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. M. YUNUS BENGKULU

Sahputra, Heldi and Slamet, Widodo and Iskandar, Zulkarnain (2017) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PERAWAT NON PNS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. M. YUNUS BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
TESIS HELDI SAHPUTRA (C2B014134).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)

Abstract

Perubahan lingkungan bisnis yang cepat saat ini menuntut organisasi untuk merespon perubahan yang terjadi agar tetap eksis dalam persaingan bisnis yang digelutinya. Kondisi tersebut juga berlaku dalam bisnis perumahsakitan, dimana rumah sakit dituntut untuk lebih fleksibel dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan internal dan eksternal rumah sakit. Fleksibelitas rumah sakit ditentukan oleh sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, persaingan dalam bisnis perumahsakitan tidak hanya terjadi pada penyediaan pelayanan jasa saja, melainkan rumah sakit juga harus bersaing dalam mendapatkan sumber daya manusia terbaik dalam bidangnya masing-masing. Kondisi tersebut menyebabkan tingkat turnover beberapa rumah sakit menjadi tinggi, hal tersebut dikarenakan karyawan yang keluar mengharapkan hasil yang lebih baik di rumah sakit lain. Tingkat turnover dalam suatu rumah sakit dapat diprediksi dari seberapa besar kinginan karyawan untuk keluar dari rumah sakit tersebut (turnover intention). Turnover intention dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor kepuasan kerja dan faktor stres kerja. Tingkat turnover intention pada perawat non PNS yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Yunus Bengkulu terbilang cukup tinggi, kepuasan kerja dan stres kerja yang dirasakan dan dialami oleh perawat non PNS diduga menjadi penyebab dari tingginya turnover intention pada perawat non PNS di RSUD dr. M. Yunus Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh antara kepuasan kerja dan stres kerja terhadap turnover intention pada perawat non PNS di RSUD dr. M. Yunus Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah suatu metode penelitian dimana data penelitiannya berupa angka-angka yang dianalisis dengan menggunakan statistik (Sugiyono, 2009). Jika dilihat dari variabel penelitian, teori, dan hipotesis yang akan diuji, maka jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal. Sedangkan jika dilihat dari segi waktu, penelitian ini adalah jenis penelitian cross sectional atau potong lintang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perawat non PNS yang ada di RSUD dr. M. Yunus Bengkulu sebanyak 74 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 responden yang diambil dari anggota populasi dengan teknik random sampling.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 11 Oct 2017 03:55
Last Modified: 22 Nov 2017 08:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12397

Actions (login required)

View Item View Item