PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN TANPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SISWA KELAS VIII SMP N 3 KOTA BENGKULU

Maryana, Okti and Arifin, Arifin and Trianto, Agus (2019) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN TANPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SISWA KELAS VIII SMP N 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan kemampuan penalaran yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek siswa kelas VIII 4 dengan siswa kelas VIII 5 SMP N 3 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen menggunakan model desain Nonequivalent Posttest-Only Control Group Desain. Data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu nilai kemampuan penalaran kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran berbasis proyek) dan kelas kontrol (tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek). Penelitian ini dilakukan serentak oleh 56 siswa, yang dibagi menjadi 2 kelompok, 1 kelompok masuk dalam kelas eksperimen dan 1 kelompok masuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian, terdapat perbedaan kemampuan penalaran siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas VIII 4 dan tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas VIII 5 SMPN 3 Kota Bengkulu. Kemampuan penalaran siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek memperoleh nilai rata-rata lebih besar daripada siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Jadi, model pembelajaran berbasis proyek lebih baik digunakan dalam pembelajaran daripada tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Kata kunci: Kemampuan Penalaran, Model Pembelajaran Berbasis Proyek.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:51
Last Modified: 06 Jul 2023 02:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12417

Actions (login required)

View Item View Item