Rikeyana, Penty and Agustina, Emi and Chanafiah, Yayah (2019) PENGENALAN CERITA RAKYAT ASAL-USUL EMPAT LAWANG DI SEKOLAH SMK N 1 EMPAT LAWANG SEBAGAI PENANAMAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
THESIS.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengenalan cerita asal-usul Empat Lawang dan mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal yang dapat disampaikan siswa dalam cerita rakyat asal-usul Empat lawang melalui rekontruksi/cerita ulang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa hasil dari siswa melalui pengenalan yang telah dilakukan. Sumber data dari penelitian adalah cerita rakyat Asal-usul Empat Lawang. Lokasi penelitian dilakukan di SMK N 1 Empat Lawang. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, studi pustaka dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi, mengklasifikasikan, menganalisis, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini siswa mengetahui cerita asal-usul Empat Lawang sehingga siswa mengenal dan mampu untuk menceritkannya kembali cerita yang sebelumnya telah dikenalkan. Cerita rakyat ini memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung di dalamnya, siswa sudah dapat menemukan serta menuliskan kembali nilai-nilai kearifan lokal tersebut dengan tujuan agar siswa dapat belajar dari nilai-nilai yang terkandung di dalam cerita rakyat asal-usul Empat Lawang. Kata Kunci : Pengenalan, Nilai Kearifan Lokal, Cerita Rakyat Asal-usulEmpat Lawang
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:50 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:50 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12419 |
Actions (login required)
View Item |