PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIIIC MTs AL-QURAN HARSALLAKUM BENGKULU

Pitri, Rika and Yulistio, Didi and Basuki, Rokhmat (2018) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VIIIC MTs AL-QURAN HARSALLAKUM BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
THESIS.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis puisi dan juga penggunaan model atau pendekatan pembelajaran yang kurang tepat untuk menciptakan imajinasi siswa dalam menulis puisi. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi perlu metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual dianggap tepat untuk merangsang imajinasi siswa dalam menciptakan puisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIIIC MTs Al-Qur’an Harsallakum Bengkulu?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIIIC MTs Al-Qur’an Harsallakum Bengkulu. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan jumlah 22 orang siswa. Penelitian kualitatif ini mengamati prilaku, persepsi, motivasi, tindakan secara holistik yang berupa deskripsi kata-kata bahasa dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dalam proses dan hasil pembelajaran. Motivasi siswa menulis puisi meningkat, siswa lebih aktif dalam pembelajaran, baik secara individu maupun kerjasama dalam kelompok. Peningkatan hasil pembelajaran menulis puisi pada penelitian ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pratindakan 68,27 dan nilai rata-rata setelah tindakan yaitu siklus 1 75,31 dan siklus II 83,86. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan pendekatan kontekstual adalah salah satu metode yang tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Kata kunci : Menulis Puisi, Pendekatan Kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:50
Last Modified: 06 Jul 2023 02:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

View Item View Item