Handayani, Riska and Gumono, Gumono and Arifin, Arifin (2019) KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 6 KOTA BENGKU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
THESIS.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 47 orang siswa dari jumlah populasi. Teknik sampling yang diterapkan adalah purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis data menggunakan persentase dalam mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi. Hasil penelitian kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,89 termasuk dalam kategori cukup berada pada rentang nilai 56-69. Artinya siswa belum baik dalam mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi. Sehingga perlu memperdalam materi pada cerita fantasi khususnya dalam mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi aspek tema, alur, latar dan penokohan. Hasil penelitian kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,89 termasuk dalam kategori cukup. Kata Kunci : Membaca, Mengidentifikasi, Cerita Fantasi
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:50 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:50 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12429 |
Actions (login required)
View Item |