PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI DRA (DIRECTED READING ACTIVITY) DENGAN STRATEGI KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Asih, Sang Ayu Nyoman Putri Sri and Hamzah, Syukri and Gumono, Gumono (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI DRA (DIRECTED READING ACTIVITY) DENGAN STRATEGI KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar membaca pemahaman mengunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) dengan strategi konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparasi. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 27 siswa kelompok 1 dan 27 siswa kelompok 2. Instrumen penilitian berupa tes objektif (pilihan ganda). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan diperoleh bahwa (1) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman menggunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu diperoleh rata-rata (post test) sebesar 78,52 kategori baik dan (2) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman dengan strategi konvensional siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu dengan rata-rata sebesar 68,52 kategori cukup. Serta (3) terdapat perbedaan kategori penguasaan pemahaman. Penerapan strategi DRA (Directed Reading Activity) dapat meningkatkan pemahaman reorganisasi siswa dengan baik dan lebih aktif pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan strategi DRA (Directed Reading Activity) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami sebuah teks narasi. Selain itu dapat lebih meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Membaca, Pemahaman

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:50
Last Modified: 06 Jul 2023 02:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12431

Actions (login required)

View Item View Item