ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAN 01 BENGKULU TENGAH SKRIPSI

Prambana, Yogi and Basuki, Rokhmat and Supadi, Supadi (2019) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMAN 01 BENGKULU TENGAH SKRIPSI. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kesalahan Penggunaan Ejaan dalam Teks Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 01 Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara teknik catat. Data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat pada teks laporan hasil observasi karangan siswa pada kelas X IPA 3 SMAN 01 Bengkulu Tengah.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat. Langkah-langkah yang dilakukan dengan mengumpulkan data, di beri kode di setiap kesalahan, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data sesuai karakteristik atau ciri-ciri setiap unit data, data dianalisis sesuai dengan tujuan penelitian, dan menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, kesalahan penggunaan ejaan pada teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMAN 01 Bengkulu Tengah sebagai berikut. 1) Kesalahan pemakaian huruf terdapat pada kesalahan penggunaan huruf kapital dan huruf miring, 2) Kesalahan penulisan kata terdiri dari kesalahan penulisan kata dasar, kata berimbuhan, kata ulang, gabungan kata, kata depan, ata partikel, singkatan dan akronim serta pada penulisan angka dan bilangan. 3)Kesalahan pemakaian tanda baca terdiri dari kesalahan penggunaan tanda titik, tanda koma, tanda titik dua, tanda hubung, tanda tanya, tanda seru, dan tanda kurung. Hal ini mencerminkan bahwa para siswa yang membuat tulisan tersebut kurang memperhatikan kaidah-kaidah penulisan ejaan yang baik dan benar. Kata Kunci: Analisis, Ejaan, Laporan Hasil Observasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:39
Last Modified: 06 Jul 2023 02:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item View Item