PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TUMBUHAN PESERTA DIDIK KELAS VIIB MTsN 02 KEPAHIANG

Amini, Amini and Irawati, Sri and Kasrina, Kasrina (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TUMBUHAN PESERTA DIDIK KELAS VIIB MTsN 02 KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan model Inkuiri Terstruktur pada materi Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru biologi dan seluruh peserta didik kelas VIIB MTsN 02 Kepahiang tahun ajaran 2018/2019. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan data hasil observasi dan tes. Materi Organ dan Organisme Tumbuhan merupakan pokok bahasan yang termasuk dalam kompetensi dasar 3.6 Kurikulum 2013 SMP Kelas VII. Hasil analisis data observasi aktivitas guru siklus I menunjukkan skor rata-rata 55 (baik), kemudian meningkat di siklus II menjadi 63 (baik). Hasil analisis data observasi aktivitas peserta didik siklus I diperoleh skor rata-rata 48 (cukup), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 55 (baik). Hasil belajar ranah kognitif siklus I dengan persentase 72,2% (belum tuntas) meningkat pada siklus II menjadi 83,3% (tuntas). Hasil belajar psikomotor peserta didik siklus I dengan persentase 67% berkriteria belum tuntas meningkat pada siklus II dengan persentase 83,3% menjadi berkriteria tuntas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri terstruktur dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIIB MTsN 02 Kepahiang. Kata kunci: Aktivitas Guru dan Peserta Didik, Hasil Belajar, Inkuiri Terstruktur

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:38
Last Modified: 06 Jul 2023 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12453

Actions (login required)

View Item View Item