RANCANG BANGUN APLIKASI KAMUS TUMBUHAN BERSPORA BERBASIS ANDROID DARI HASIL STUDI DI TAMAN WISATA ALAM PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU

Tuzzahra, Amira and Kasrina, Kasrina and Ansori, Irwandi (2019) RANCANG BANGUN APLIKASI KAMUS TUMBUHAN BERSPORA BERBASIS ANDROID DARI HASIL STUDI DI TAMAN WISATA ALAM PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Mata kuliah Taksonomi Tumbuhan I (TT I) merupakan mata kuliah dasar yang mempelajari tentang menggolongkan tumbuhan dengan aturan-aturan yang telah ada sehingga dapat tercermin jauh atau dekatnya kekerabatan antar tumbuhan tersebut. Ada banyak materi yang dipelajari dalam mata kuliah TT I, satu materi yang dipelajari dari mata kuliah TT I adalah tumbuhan berspora. Taman Wisata Alam Pantai Panjang Kota Bengkulu merupakan lokasi dengan iklim tropika basah yang memungkinkan beranekaragam tumbuhan untuk tumbuh, termasuk tumbuhan berspora. Padatnya materi yang diajarkan, banyaknya istilah yang belum familiar dengan mahasiswa, serta kesulitan mahasiswa dalam mengidentifikasi tumbuhan didekatnya membuat tuntutan akan adanya media pembelajaran yang efektif, efisien, serta mengikuti zaman yang dirasa akan lebih dekat oleh mahasiswa terlebih lagi berbasis lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan membuat media pembelajaran berupa kamus tumbuhan berspora yang berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan berspora di TWA Bengkulu, mendeskripsikan desain, dan melakukan uji kelayakan aplikasi kamus tumbuhan berspora berbasis Android yang telah dibuat. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Hasil dari penelitan ini yaitu terdapat 39 spesies tumbuhan berspora yang terdiri atas 16 spesies lumut dan 23 spesies tumbuhan paku, serta terciptanya aplikasi kamus tumbuhan berspora berbasis android dengan hasil uji kelayakan. Skor validasi yang diperoleh dari dosen ahli materi yaitu 31/32 atau 97% dan skor validasi yang diperleh dari dosen ahli media yaitu 54/60 atau 90%. Kedua skor tersebut berada dalam kategori “sangat layak”. Sementara dari hasil uji respon terhadap mahasiswa didapati rerata persentase sebesar 92,81% dengan kategori “sangat baik”. Kata Kunci: Android, Bengkulu, Kamus, Spora, TWA.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:38
Last Modified: 06 Jul 2023 02:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12454

Actions (login required)

View Item View Item