Ulfah, Aulia Agrindha and Jumiarni, Jumiarni and Yennita, Yennita (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIB SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU PADA MATERI EKOSISTEM. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
THESIS.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas VII B SMPN 22 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VII B SMPN 22 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif yaitu 53,12% di siklus I menjadi 75% di siklus II. Sedangkan ranah psikomotor rerata skor pada siklus I adalah 9,28 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 10,63 dengan kategori baik. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan pada Kelas VIIB SMPN 22 Kota Bengkulu dengan menerapkan model Discovery Learning pada materi Sistem Koordinasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Discovery Learning dan Hasil Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:37 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:37 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12457 |
Actions (login required)
View Item |