PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK KELAS X SMA 3 REJANG LEBONG BERDASARKAN IDENTIFIKASI JENIS CAPUNG DI KAWASAN PERSAWAHAN DESA LUBUK KEMBANG KABUPATEN REJANG LEBONG

Novianti, Hartina and Ansori, Irwandi and Idrus, Irdam (2019) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK KELAS X SMA 3 REJANG LEBONG BERDASARKAN IDENTIFIKASI JENIS CAPUNG DI KAWASAN PERSAWAHAN DESA LUBUK KEMBANG KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman capung terbesar di dunia. Sekitar 900 jenis capung ditemukan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis capung yang ada dikawasan persawahan desa Lubuk Kembang, untuk kemudian diaplikasikan menjadi bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) materi keanekaragaman hayati.nJenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 10 spesies capung yang yaitu: Orthetrum sabina, Diplacodes trivialis, Neurothemis terminata, Neurothemis intermedia, Crocothemis servilia, Orthetrum testaceum, Pantala flavescens, Paragomphus lineatus, Neurobasis chinensis dan Pseudagrion pruinosum. Hasil validasi LKPD yang disusun memperoleh kriteria sangat valid dengan nilai 81,56 % dari para validator dan mendapat respon sangat baik dengan nilai 93,03 dalam uji keterbacaan terhadap 30 peserta didik kelas X IPA 2 SMAN 3 Rejang Lebong. Berdasarkan hasil tersebut dapata dinyatakan desain LKPD yang disusun layak digunakan sebagai bahan ajar ditingkat SMA kelas X pada materi Keanekaragaman Hayati. Kata Kunci : Capung (odonata), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Research and Development (RnD)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:26
Last Modified: 06 Jul 2023 08:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12462

Actions (login required)

View Item View Item