PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIIC MTs N 02 KEPAHIANG

Handayani, Kristian and Yennita, Yennita and Idrus, Irdam (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIIC MTs N 02 KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik, serta hasil belajar kognitif dan psikomotor dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIIIC MTs N 02 Kepahiang pada materi sistem pernapasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIIIC MTs N 02 Kepahiang. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran Discovery Learning, aktivitas mengajar guru dan belajar peserta didik serta hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian dari analisa data observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor rata-rata 37 (baik), siklus II menjadi 40 (baik). Hasil analisis data observasi aktivitas peserta didik pada siklus I, diperoleh skor rata-rata 37 (baik), meningkat menjadi 40 (baik) pada siklus II. Hasil analisis data hasil belajar psikomotor pada siklus 1 diperoleh skor rata-rata 12,5 (cukup) dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 15,08 (baik). Kemudian, hasil belajar ranah kognitif pada siklus I mendapatkan persentase sebesar 57,89%, dan meningkat pada siklus II menjadi 73,68%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIIC MTs N 02 Kepahiang. Kata Kunci : Aktivitas Guru dan Peserta Didik, Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:26
Last Modified: 06 Jul 2023 08:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

View Item View Item