PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MIPA2 SMAN 4 KOTA BENGKULU

Burhanuddin, M. Anang and Jumiarni, Dewi and Irawati, Sri (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MIPA2 SMAN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) serta mendeskripsikan hasil belajar siswa di kelas X MIPA4 SMAN 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan seluruh peserta didik kelas X MIPA 4 SMAN 4 Kota Bengkulu. Variable penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Student Team�AchievementDivision (STAD), aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah adalah lembar observasi dan lembar dan lembar tes. Teknik analisis data yang yang digunakan yaitu data observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar (ranah kognitif). Hasil penelitian dari analisa data observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 53 (baik), siklus II menjadi 56 (baik). Hasil analisis data observasi peserta didik siklus I diperoleh skor rata-rata 53,5 (baik), siklus II menjadi 56 (baik). hasil belajar ranah kognitif siklus I mendapatkan persentase 74,19 % (belum tuntas), sedangkan pada siklus II menjadi 87,5 % (tuntas). hasil belajar psikomotor peserta didik dengan persentase 64,51 % di siklus I berkriteria belum tuntas dan meningkat di siklus II dengan kriteria tuntas dengan persentase 83,87 %. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajran kooperatif tipe Student Team�AchievementDivision (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA4 SMAN 4 Kota Bengkulu. Kata kunci: Aktivitas Guru Dan Peserta Didik, Hasil Belajar, Kooperatif tipe STAD.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:26
Last Modified: 06 Jul 2023 08:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12467

Actions (login required)

View Item View Item