PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIIA SMPN 3 PASEMAH AIR KERUH KABUPATEN EMPAT LAWANG

Wulandari, Okta and Yennita, Yennita and Idrus, Irdam (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS VIIA SMPN 3 PASEMAH AIR KERUH KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik dan meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning di kelas VIIA SMPN 3 Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VIIA SMPN 3 Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang. Instrument penelitian yang digunakan lembar tes dan lembar observasi, lembar observasi terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan penilaian hasil belajar ranah psikomotor. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor 48 rata-rata skor 24 (BAIK) dan siklus II skor aktivitas guru 52 (BAIK), pada siklus I aktivitas peserta didik diperoleh skor rata-rata 24,5 (BAIK) sedangkan pada siklus II aktivitas peserta didik diperoleh skor rata-rata 26,5 (BAIK). Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif pada siklus I yaitu 64,28 % (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat 82,14 % (tuntas). Sedangkan hasil belajar psikomotor pada siklus I rata-rata skor 13,82 (Cukup) dan hasil siklus II mengalami peningkatan menjadi 14,82 (Baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar peserta didik dikelas VIIA SMPN 3 Pasemah Air Keruh Kabupaten Empat Lawang. Kata kunci : Model pembelajaran Discovery Learning, Aktivitas Guru,Aktivitas Peserta Didik, Dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:26
Last Modified: 06 Jul 2023 08:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12471

Actions (login required)

View Item View Item