PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM INDRA MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA1 SMAN 2 BENGKULU SELATAN

Halhaji, Prendi Niki and Idrus, Irdam and Irawati, Sri (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM INDRA MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA1 SMAN 2 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model koperatif Numbered Heads Together (NHT) di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi, lembar observasi terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan penilaian hasil belajar ranah psikomotor. Pada siklus I aktivitas mengajar guru diperoleh skor rata-rata yaitu 50,5 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas guru menjadi 53 (Baik). Pada siklus I aktivitas belajar peserta didik diperoleh skor rata-rata yaitu 51 (Baik) dan pada siklus II skor aktivitas belajar peserta didik menjadi 53 (Baik). Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif pada siklus I yaitu 59,37% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,25% (tuntas). Sedangkan dalam ranah psikomotor pada siklus I dengan rerata skor hasil belajar psikomotoris peserta didik dari 13,81 mengalami peningkatan di siklus II menjadi 14,86. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Kata Kunci : Numbered Heads Together (NHT), Aktivitas, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:25
Last Modified: 06 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12472

Actions (login required)

View Item View Item