PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIA SMP NEGERI 13 BENGKULU UTARA

Dahniar, Rahma and Yennita, Yennita and Irawati, Sri (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIA SMP NEGERI 13 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah dikelas VIIA SMP Negeri 13 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru dan seluruh peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 13 Bengkulu Utara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi. Hasil analisis data aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata yaitu 48 (Baik) dan siklus II skor aktivitas guru menjadi 49,5 (Baik). Pada siklus I aktivitas belajar peserta didik diperoleh skor rata-rata 47 (Baik). Siklus II skor rata-rata aktivitas peserta didik yaitu 49 (Baik). Hasil analisis persentase ketuntasan belajar peserta didik ranah kognitif siklus 1 yaitu 70,37% (tidak tuntas) dan pada siklus II meningkat menjadi 81,48% (tuntas). Hasil belajar ranah psikomotor pada siklus I diperoleh rata-rata skor yaitu 14,8 (Cukup) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 15,6 (Baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar peserta didik dikelas VIIA SMP Negeri 13 Bengkulu Utara. Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis masalah, aktivitas guru dan peserta didik dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:25
Last Modified: 06 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12473

Actions (login required)

View Item View Item