PENGEMBANGAN LKPD BERDASARKAN INVENTARISASI CAPUNG DI KAWASAN SUNGAI SEBELAT UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES DASAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 7 BENGKULU UTARA

Hidayanti, Rani and Ansori, Irwandi and Yennita, Yennita (2019) PENGEMBANGAN LKPD BERDASARKAN INVENTARISASI CAPUNG DI KAWASAN SUNGAI SEBELAT UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES DASAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 7 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Keanekaragaman hayati di Indonesia dapat digunakan sebagai sumber belajar yang dikembangkan dalam bentuk bahan ajar oleh peserta didik. Melalui penelitia ini dikembangkan bahan ajar yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan pada keanekaragaman jenis capung di kawasan sungai sebelat desa Suka Baru. Tujuan penelitian yaitu, 1) Untuk mengetahui jenis-jenis Capung (Odonata) di kawasan Sungai Sebelat, 2) Untuk mengetahui kelayakan LKPD yang dikembangkan berdasarkan inventarisasi jenis-jenis Capung (Odonata) di kawasan Sungai Sebelat, 3) Untuk mendeskripsikan uji coba LKPD berdasarkan inventarisasi capung di kawasan sungai Sebelat materi keanekaragaman hayati kelas X IPA 2 SMA N 7 Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau R & D dengan langkah utama Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan 18 spesies capung yang temasuk kedalam 2 sub ordo, 5 famili, 16 genus dengan 93 individu capung yang teridentifikasi di 3 lokasi penelitian. Berdasarkan hasil uji validitas oleh validator, LKPD hasil pengembangan termasuk dalam kriteria respon “Layak” dengan presentase 88 % dan berdasarkan hasil uji coba LKPD oleh 27 peserta didik, pembelajaran menggunakan LKPD hasil pengembangan memperoleh persentase ketuntasan keterampilan ≥ 90% dengan nilai rerata 3,5 dengan predikat A-. Kata Kunci : Capung (Odonata), Lembar Kerja Peserta Didik dan Keterampilan Proses Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:25
Last Modified: 06 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12474

Actions (login required)

View Item View Item