PENGEMBANGAN BUKU SAKU BUDIDAYA JAMUR TIRAM PADA MATAKULIAH MIKROBIOLOGI BERDASARKAN PENGARUH PENAMBAHAN AMPAS TEBU SEBAGAI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus)

Sari, Rike Monica and Kasrina, Kasrina and Jumiarni, Dewi (2019) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BUDIDAYA JAMUR TIRAM PADA MATAKULIAH MIKROBIOLOGI BERDASARKAN PENGARUH PENAMBAHAN AMPAS TEBU SEBAGAI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR TIRAM (Pleurotus ostreatus). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Mikrobiologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang mikroorganisme. Dalam matakuliah Mikrobiologi terdapat salah satu materi yaitu Mikrobiologi Terapan. Budidaya jamur tiram merupakan salah satu dari Mikrobiologi Terapan di bidang industri pertanian. Dalam pembudidayaan jamur tiram, dibutuhkan media tanam yang tepat agar jamur tiram dapat tumbuh dengan baik. Ada banyak media tanam yang dapat digunakan, diantaranya yaitu serbuk gergaji dan juga ampas tebu. Penelitian kali ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh dari ampas tebu sebagai media tanam terhadap pertumbuhan jamur tiram. Hasil dari penelitian ini kemudian dikembangkan menjadi media pembelajaran berupa buku saku. Penelitian dilakukan pada bulan November 2018 hingga Maret 2019 di Rumah Jamur Cingire Unib dan uji keterbacaan pada Mahasiswa Pendidikan Biologi UNIB. Penelitian mengenai pengaruh ampas tebu dilakukan menggunakan metode RAL yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan sehingga diperoleh 15 baglog dan diuji secara statistik pada uji Anova. Hasil yang didapatkan yaitu ampas tebu sebagai media tanam jamur tiram berpengaruh sangat nyata terhadap waktu pertumbuhan miselium karena F Hit>F Tabel(1%) yaitu 79, 614 >5,99 dan waktu kemunculan bakal buahberpengaruh sangat nyata terhadap waktu pertumbuhan miselium karena F Hit>F Tabel(1%) yaitu 51,328 >5,99. Sedangkan pada parameter berat basah tidak berpengaruh nyata karena F Hit<F Tabel(1%) yaitu 1,137<5,99 dan diameter tudung buah tidak berpengaruh nyata karena F Hit<F Tabel(1%) yaitu 0,455 <5,99.. Hasil uji validasi buku saku yang dilakukan oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli bahan ajar mendapatkan hasil rerata 80,5% dengan kriteria valid, dan hasil uji keterbacaan pada mahasiswa yaitu 86% dengan kriteria sangat valid sehingga buku saku Budidaya Jamur Tiram yang telah dikembangkan, layak digunakan sebagai bahan ajar matakuliah Mikrobiologi. Kata Kunci: Ampas Tebu, Buku Saku, Jamur Tiram, Mikrobiologi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:25
Last Modified: 06 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12479

Actions (login required)

View Item View Item