PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XMIPA3 SMAN 9 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas

Lubis, Riska Muliana and Irawati, Sri and Kasrina, Kasrina (2019) PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E MENGGUNAKAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XMIPA3 SMAN 9 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru dan seluruh peserta didik kelas XMIPA 3 SMAN 09 Kota Bengkulu. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Aktivitas guru di siklus I memperoleh skor 56 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 60 dengan kriteria baik. Aktivitas peserta didik di siklus I memperoleh skor 55 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 69 dengan kriteria baik. Hasil belajar peserta didik aspek kognitif siklus I mendapatkan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 69% dengan kriteria belum tuntas, dan di siklus II meningkat menjadi 82,7% dengan kriteria tuntas, sedangkan hasil belajar aspek psikomotor pada siklus I mendapat skor rata-rata 10,93 dan meningkat di siklus II menjadi 11,62. Hasil penelitian disimpulkan bahwa model siklus belajar (learning cycle) 5E menggunakan media teka-teki silang meningkatkan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik Kata Kunci: Siklus belajar, aktivitas pembelajaran dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:25
Last Modified: 06 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12480

Actions (login required)

View Item View Item