PROGRAM PENGURANGAN PEKERJA ANAK DALAM MENDUKUNG PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PPA-PKH) TERHADAP PARTISIPASI PENDIDIKAN DI KABUPATEN MUSI RAWAS TAHUN 2016

Lestari, Anastasya Putri and Ekaputri, Retno Agustina and Sunoto, Sunoto (2017) PROGRAM PENGURANGAN PEKERJA ANAK DALAM MENDUKUNG PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PPA-PKH) TERHADAP PARTISIPASI PENDIDIKAN DI KABUPATEN MUSI RAWAS TAHUN 2016. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
Tesis Anastasya Putri Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Lapangan usaha yang paling unggul di Kabupaten Musi Rawas adalah sektor pertanian terutama perkebunan karet dan kelapa sawit dan sektor industri.Mempekerjakan anak dikarenakan upah mereka yang sangat murah untuk bekerja seperti di pool-pool karet dan perkebunan kelapa sawit. Kegiatan Pengurangan Pekerja anak dalam rangka mendukung Program Keluarga Harapan (PPA-PKH) dirancang untuk mengurangi jumlah pekerja anak yang putus sekolah terutama yang bekerja pada Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk untuk Anak (BPTA) dari Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) untuk ditarik dari tempat kerja melalui pendampingan selama 1 (bulan) di shelter dan dikembalikan kedunia pendidikan baikpendidikan secaraformal maupun non formal. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat efektifitas Program Pengurangan Pekerja Anak dalam mendukung Program Keluarga Harapan (PPA-PKH) terhadap partisipasi pendidikan di Kabupaten Musi RawasTahun 2016. Penelitian menggunakan data primer yang diambil dari 119 responden terdiri dari 99 pekerja anak di Kecamatan Muara Beliti dan Muara Kelingi dan 20 tim pelaksana program PPA-PKH. Alat analisis deskriptif yang digunakan dengan mengukur faktor yang mempengaruhi efektifitas program PPA-PKH yaitu tahap persiapan (pra shelter), tahap pelaksanaan (shelter), dan tahap evaluasi (pasca shelter) dengan skala likert melalui kuesioner. Berdasarkan hasil kuesioner kepada pekerja anak dan tim pelaksana program PPA-PKH disimpulkan bahwa tahap persiapan (pra shelter), tahap pelaksanaan (shelter), dan tahap evaluasi (pasca shelter) sudah sangat efektif dilaksanakan. Dengan kisaran rata-rata persentase dari pekerja anak dan tim pelaksana program PPA-PKH antara 83%-86% untuk tahap persiapan (pra shelter) sebesar 86,05% dan 84,00%, tahap pelaksanaan (shelter) sebesar 88,60% dan 85,40%, dan tahap evaluasi (pasca shelter) sebesar 88,55% dan 83,60%. Pemerintah Kabupaten Musi Rawas perlu melanjutkan program PPA-PKH di kecamatan lainnya karena masih banyak anak di Kabupaten Musi Rawas putus sekolah dan bekerja sehingga program PPA-PKH mampu mengurangi pekerja anak dan angka putus sekolah setiap tahunnya agar tercipta Indonesia Bebas Pekerja Anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Postgraduate Program > Magister Perencanaan Pembangunan
Depositing User: 022 Isran Elnadi
Date Deposited: 12 Oct 2017 03:07
Last Modified: 22 Nov 2017 03:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

View Item View Item