ESTIMASI PERUBAHAN GARIS PANTAI AKIBAT ENERGI GELOMBDAN MENENTUKAN TIPE EMPASANNYA ESTIMASI PERUBAHAN GARIS PANTAI AKIBAT ENERGI GELOMBANG DAN MENENTUKAN TIPE EMPASANNYA ESTIMASI PERUBAHAN GARIS PANTAI AKIBAT ENERGI GELOM DI PANTAI TELUK SEPANG

Darwati, Parisca and Supiyati, Supiyati and Suwarsono, Suwarsono (2017) ESTIMASI PERUBAHAN GARIS PANTAI AKIBAT ENERGI GELOMBDAN MENENTUKAN TIPE EMPASANNYA ESTIMASI PERUBAHAN GARIS PANTAI AKIBAT ENERGI GELOMBANG DAN MENENTUKAN TIPE EMPASANNYA ESTIMASI PERUBAHAN GARIS PANTAI AKIBAT ENERGI GELOM DI PANTAI TELUK SEPANG. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (TESIS)
skripsi parisca darwati (f1c012017).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (27MB)

Abstract

Perubahan garis pantai adalah berpindahnya atau bergesernya letak garis dari kedudukan semula. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui laju perubahan garis pantai di Teluk Sepang akibat energi gelombang dan mengetahui tipe empasannya. Metode yang digunakan adalah pengamatan lapangan secara langsung selama delapan bulan dengan parameter yang diamati adalah jarak perubahan garis pantai, tinggi gelombang, periode gelombang, dan kemiringan pantai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh energi gelombang terhadap perubahan garis pantai di pantai Teluk Sepang. Besarnya laju perubahan garis pantai di pantai Teluk Sepang berkisar antara 1,62 m-2,67 m dengan energi gelombang sebesar 97,25 Joule-166,19 Joule. Perubahan garis pantai terbesar terjadi pada titik pengamatan kedua di musim peralihan II yaitu bulan Oktober, perubahan garis pantai tersebut juga dipengaruhi oleh kecepatan angin, tangens kemiringan pantai, topografi garis pantai dan material penyusun pantai. Tipe empasan gelombang dari tiga titik pengamatan adalah tipe empasan plunging, dengan nilai indeks empasan gelombang rata-rata sebesar 0,033.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 022 Lili Haryanti
Date Deposited: 12 Oct 2017 03:51
Last Modified: 12 Oct 2017 03:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12485

Actions (login required)

View Item View Item