HUBUNGAN PENGETAHUAN POLA MAKAN DAN KADAR GLUKOSA DARAH DENGAN KEPATUHAN MENJALANKAN DIET GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA BENGKULU TAHUN 2016

Efendi1, Irfana and Erlinawati, Noor Diah and Putri, Sylvia Rianissa (2017) HUBUNGAN PENGETAHUAN POLA MAKAN DAN KADAR GLUKOSA DARAH DENGAN KEPATUHAN MENJALANKAN DIET GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA BENGKULU TAHUN 2016. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IRFANA EFENDI (H1A013032) - SKRIPSI (FKIK UNIB).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang: Masalah yang sering pada penderita DM adalah kontrol gula darah yang tidak adekuat, dan untuk mengatasi hal tersebut perlu diperhatikan beberapa pilar utama untuk pengobatan bagi penderita DM agar dapat membantu mengkontrol kestabilan kadar gula dalam darah. Salah satu kendala yang dialami pasien DM adalah kepatuhan dalam perencanan makanan, terutama yang berhubungan dengan jenis dan jumlah makanan yang dianjurkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola makan dan kadar glukosa darah dengan menjalankan diet glukosa darah. Metode: Penelitian potong lintang dengan subyek 60 orang pasien diabetes melitus tipe 2 di RS Bhayangkara Kota Bengkulu. Subyek yang memenuhi kriteria inklusi diambil dengan metode consecutive sampling. Variabel bebas adalah pengetahuan pola makan dan kadar glukosa darah dan variabel terikat adalah kepatuhan diet glukosa darah. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara berdasarkan kuesioner, pemeriksaan fisik (berat badan dan tinggi badan), dan analisis asupan dengan FFQ. Analisa data dengan uji korelasi Spearman dan uji korelasi Somers’d. Hasil: Pengetahuan pola makan memiliki korelasi sangat tinggi terhadap kepatuhan perilaku pada uji Spearman r = 0,882 (p = 0,000) dan pada uji Somers'd r = 0,775 (p = 0,000). Pengetahuan pola makan dengan kepatuhan diet DM berdasarkan anjuran asupan makanan berdasarkan total kalori didapatkan r = 0,381 (p = 0,000) pada uji Spearman. Korelasi pengetahuan kadar glukosa darah dengan kepatuhan perilaku didapatkan r = 0,502 (p = 0,000) dengan uji Spearman dan r = 0,387 (p = 0,001) pada uji Somers’d. Pengetahuan kadar glukosa darah dengan kepatuhan diet DM berdasarkan anjuran asupan total kalori didapatkan r = 0,257 (p = 0,054) pada uji Spearman. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan pola makan dengan kepatuhan perilaku dengan nilai kekuatan sangat tinggi. Kata Kunci: Kepatuhan perilaku, kepatuhan diet DM berdasarkan total energi, pengetahuan pola makan, pengetahuan kadar glukosa darah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty Of Medicine > Department Of Medical Science
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 12 Oct 2017 04:02
Last Modified: 12 Oct 2017 04:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12493

Actions (login required)

View Item View Item