PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME TOKEN ARENDS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA

Safitri, Afrilia and Elita, Yessy and Afriyati, Vira (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME TOKEN ARENDS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompokdengan menggunakan metode time token arends untuk meningkatkan keterampilan sosial mahasiswa Himpunan Mahasiswa Bengkulu Utara. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experiment dengan desain one group pre test and post test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa mahasiswa Himpunan Mahasiswa Bengkulu berjumlah 12 orang. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala model Likert. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkatketerampilan sosial mahasiswa sebelum diberikan layanan rata-rata skor 178,33 dengan kategori sedang. Nilai setelah diberikan layanan rata-rata skor 256,42dengan kategori tinggi. Hasil uji t menunjukan nilai t= (-9,219)danp= 0.000 maka p<0.05, sehingga hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan sosial sebelum dan setelah diberi layananbimbingan kelompok dengan metode time token arends. Kata kunci: keterampilan sosial, layanan bimbingan kelompok , metode time token arends.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:24
Last Modified: 06 Jul 2023 08:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12493

Actions (login required)

View Item View Item