PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGIKUTI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X IPA IV DI SMA NEGERI 2 BENGKULU UTARA

Pratiwi, Anggun and Syahriman, Syahriman and Sinthia, Rita (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGIKUTI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X IPA IV DI SMA NEGERI 2 BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan mengikuti mata pelajaran matematika siswa kelas X IPA IV di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen pola one group pre-test and post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA IV di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara berjumlah 10 orang. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala model likert. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecemasan mengikuti mata pelajaran matematika siswa sebelum diberikan layanan rata-rata skor 165,5 dengan kategori tinggi. Nilai setelah diberikan layanan rata-rata skor 115,5 kategori rendah. Hasil uji t menunjukan nilai t= (14.652) dan sig. (2-tailed) 0.000 yang berarti nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kecemasan mengikuti pelajaran matematika siswa sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X IPA IV di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara. Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, kecemasan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Guidance and Counseling Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:35
Last Modified: 06 Jul 2023 08:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item View Item